Senin, 17 Juni 2013

CONTOH KTSP SD



BAB I
PENDAHULUAN


1.      Latar Belakang
          Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pembelajaran serta cara yang akan digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan , kondisi dan potensi daerah satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh karena itu program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
          Bentuk pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada Standar Nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan Pendidikan Nasional yang dijabarkan dalam standar isi, standar kelulusan dan standar proses sebagai pedoman bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

2.             Dasar Hukum
          Dasar hukum dalam pembuatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) berdasarkan pada peraturan perundang – undangan yang berlaku antara lain sebagai berikut:
             a.            Undang – Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
            b.            Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah
             c.            Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
            d.            Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.
             e.            Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Kelulusan.
             f.            Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Standar Isi Dan Standar Kelulusan.
            g.            Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat No ......... Thn ................. tentang  ............................................................................................................................
            h.            Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor No ......... Thn ................. tentang  ............................................................................................................................



BAB II
KURIKULUM SDN BOJONGKONENG 06
TAHUN PELAJARAN  2011 / 2012

I.     VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN

A.    Visi
“ Meningkatkan Akhlakulkarimah , Ilmu, Kesehatan, dan Mandiri ”

B.     Misi
  1. Membekali siswa dengan akhlakulkarimah melalui pendidikan Agama dan pesantren kilat pada bulan Ramadhan .
  2. Memberikan jam tambahan pelajaran bagi siswa yang mampu bersaing melalui tes.
  3. Mengadakan kegiatan operasi bersih setiap seminggu sekali secara rutin untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan sekolah.
  4. Memberikan keterampilan hidup sederhana, disiplin, mandiri, melalui kegiatan pramuka dan beladiri pencak silat agar siswa dapat bersaing dengan masyarakat.

C.    Tujuan
  1. Meningkatkan perilaku dan akhlak mulia bagi siswa
  2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat siswa
  3. Mengembangkan kepribadian peserta didik
  4. Mempersiapkan siswa sebagai bagian dari anggota masyarakat .
  5. Mempersiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi

D.    Sasaran
  1. Siswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bakat dan minatnya.
  3. Siswa memahami dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945.
  4. Siswa memiliki kepercayaan diri.
  5. Siswa dapat lulus dengan prestasi nilai di atas standar kelulusan yang ditentukan.




2. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.    Struktur Kurikulum
Struktur Kurikulum SD Negeri Bojongkoneng 06 memuat mata pelajaran wajib, muatan lokal dan pengembangan diri dengan rincian sebagai berikut :

KOMPONEN
Kelas
A. Mata Pelajaran :
I
II
III
IV
V
VI
    1. Pendidikan Agama Islam
TEMATIK
TEMATIK
TEMATIK
3
3
3
    2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
    3. Bahasa Indonesia
5
5
5
    4. Matematika
5
5
5
    5. Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
    6. Ilmu Pengetahuan Sosial
3
3
3
    7. Seni Budaya
4
4
4
    8. Penjas Kes
4
4
4
B. Muatan Lokal



    Wajib       :  Bahasa Sunda
2
2
2
    Pilihan     :   Bahasa Inggris
2
2
2
C. Pengembangan Diri
2 *)
2 *)
2 *)
2 *)
2 *)
2 *)
Jumlah Jam Per Minggu
28
29
30
34
34
34

B.     Muatan Kurikulum
Muatan kurikulum meliputi sejumlah mata pelajaran, materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri, yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar peserta  didik dan termasuk ke dalam isi kurikulum yang dijabarkan.





1.  Mata Pelajaran Wajib
        Agama Islam                                                  
        Pendidikan Kewarganegaraan
        Bahasa Indonesia
        Matematika
        IPA
        IPS
        Penjas
        Seni Budaya

            2.  Muatan Lokal  :
                  a. Wajib                 : Bahasa Sunda
                  b. Pilihan               : Bahasa Inggris

3.   Kegiatan Pengembangan Diri
Kegiatan pengembangan diri dua bidang kegiatan yaitu pengembangan karakter dan pengembangan bakat, minat serta potensi siswa.

1.      Pembentukan karakter melalui pembiasaan dan melalaui kegiatan
a.      Rutin
1)      Upacara bendera setiap hari senin
2)      Berdoa sebelum dan sesudah belajar
3)      Menyimak bacaan surat pendek dalam al-quran sebelum di mulai belajar
4)      Pemeriksaan badan dan pakaian seminggu dua kali
5)      Pemeriksaan kesehatan tiga bulan sekali
6)      Menjaga keindahan taman dan lingkungan berdasarkan tugas piket umum
7)      Membersihkan kelas dan halaman sebelum dan sesudah belajar

b.      Terprogram
1)      Kegiatan keagamaan ( Pesantren Kilat )
2)      Pekan kreatifitas bidang akademik dan non akademik
3)      Peringatan hari besar nasional
4)      Perayaan kenaikan kelas, karya wisata dan study tour.


c.       Spontan
1)      Mengucapkan salam
2)      Membuang sampah pada tempatnya
3)      Membiasakan antri
4)      Membantu teman yang terkena musibah

d.      Teladan
1)      Berpakaian bersih dan rapi
2)      Tepat waktu dalam segala hal
3)      Penampilan sederhana



2.      Pengembangan Potensi dan Ekspresi Diri
a.       Sesuai minat dan bakat
1)      Kepemimpinan dan Bela Negara
Bidang Pengembangan
Tenaga Memberikan Layanan
Jumlah Siswa
Pramuka
2 pembina penggalang 2 pembina siaga
130
105

2)      Olahraga
Bidang Pengembangan
Tenaga Memberikan Layanan
Jumlah Siswa
  Sepak Bola
  Penca Silat
1 orang
1 orang
25
20

C.    Pengaturan Beban Belajar
Sekolah Dasar Negeri Bojongkoneng 06 tahun pelajaran 2011-2012 menggunakan sistem paket yang dialokasikan dalam struktur kurikulum seperti yang tertera dalam tabel di bawah ini :
KELAS
JAM PEMBELAJARAN
MINGGU EFEKTIF PER TAHUN
WAKTU PEMBELAJARAN PER TAHUN
I
980 Menit/Minggu
36  Minggu
35.280  menit
II
1015 Menit/Minggu
36   Minggu
36.540 menit
III
1040 Menit/Minggu
36   Minggu
37.440 menit
IV
35 Menit/Jam Pel.
36   Minggu
1.224  jam pembelajaran
( 42.840  menit )
V
35 Menit/Jam Pel.
36   Minggu
1.224  jam pembelajaran
( 42.840  menit )
VI
35 Menit/Jam Pel.
36   Minggu
1.224  jam pembelajaran
( 42.840  menit )

                        Adapun beban belajar penugasan kepada siswa dan kegiatan tugas mandiri tidak terstruktur maksimum 40% dari jumlah waktu  kegiatan  tatap muka dari pelajaran yang bersangkutan.
            Pengalokasian waktu untuk praktik, 2 (dua) jam praktik di sekolah setara dengan 1 (satu) jam tatap muka. 4 (empat) jam praktik di luar jam pelajaran di sekolah setara dengan satu jam tatap muka. Alokasi untuk pengembangan ekspresi dan potensi dapat disesuaikan dengan jenis pengembangan yang dipilih.



D.    Kriteria Ketuntasan Minimal
Ketuntasan belajar setiap mata pelajaran disesuaikan dengan kompleksitas, esensial, imtaq, siswa, sarana dan prasarana.
Adapun KKM setiap mata pelajaran adalah sebagai berikut :
KOMPONEN
Kelas
A. Mata Pelajaran :
I
II
III
IV
V
VI
    1. Pendidikan Agama Islam
60
64
60
67
61
64
    2. Pendidikan Kewarganegaraan
61
59
63
62
70
67
    3. Bahasa Indonesia
56
51
54
61
61
66
    4. Matematika
55
51
52
50
54
52
    5. Ilmu Pengetahuan Alam
66
65
60
59
66
61
    6. Ilmu Pengetahuan Sosial
67
61
54
65
60
60
    7. Seni Budaya
62
67
53
65
64
65
    8. Penjas Kes
67
53
66
64
64
65
B. Muatan Lokal






    Wajib           : Bahasa Sunda
59
59
55
65
65
66
    Pilihan         : Bahasa Inggris



59
61
57

E.     Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a.      Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran dengan
ketentuan sebagai berikut :
1.      Siswa sudah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan Kriteria Ketuntasan Minimal pada semua indikator, Hasil Belajar (HB), Kompetensi Dasar (KD) dan Standar Kompetensi (SK) pada semua mata pelajaran.
2.      Kehadiran siswa minimal 75%
3.      Prilaku / sikap dengan kriteria baik




b.   Kelulusan
Kelulusan dilaksanakan setelah siswa menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari kelas I – VI.
Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut :
1.      Siswa sudah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan Kriteria Ketuntasan Minimal pada semua indikator, Hasil Belajar (HB), Kompetensi Dasar (KD) dan Standar Kompetensi (SK) pada semua mata pelajaran.
2.      Kehadiran siswa minimal 75%
3.      Lulus ujian sekolah
4.      Lulus ujian nasional

























STANDAR KELULUSAN
SDN BOJONGKONENG 06
TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012


No
Mata Pelajaran
Standar Kelulusan ( SKL )
Keterangan
Teori
Praktek
1.     
Pendidikan Agama
72
75

2.     
PKn
70
-

3.     
Bahasa Indonesia
55
70

4.     
Matematika
42
-

5.     
IPA
52
70

6.     
IPS
60
-

7.     
SBK
-
70

8.     
PJOK
-
70

9.     
Bahasa Sunda
67
75

10.      
Bahasa Inggris
50
65








Bojongkoneng,            Januari  2012
Kepala Sekolah



R. SUTISNA, MM.Pd
NIP. 196601161990031004




F.     Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan SDN Bojongkoneng 06 di susun dengan berpedoman kepada kalender nasional yang di sesuaikan dengan program sekolah, Adapun rincianya adalah sebagai berikut :
1.  Rincian Kalender Pendidikan
Semester
Bulan
Jumlah Minggu
Jumlah Hari Efektif
Minggu Tidak Efektif
Minggu Efektif
I
Juli
2
12
0
2
Agustus
4
11
2
2
September
5
21
1
4
Oktober
4
20
1
3
November
4
26
0
4
Desember
5
21
2
3

Jumlah
24
111
6
18
II
Januari
4
19
1
3
Februari
4
24
0
4
Maret
5
21
2
3
April
4
24
0
4
Mei
5
26
2
3
Juni
3
19
2
1

Jumlah
25
133
7
18

Jumlah dalam satu tahun
49
244
13
36








2.   Rekapitulasi Kalender
a.             Rekapitulasi Minggu Efektif
1.      Semester I ( Juli s/d Desember )
Jumlah Minggu                             :  24
Jumlah Minggu tidak efektif        :    6
Jumlah Minggu efektif                  :  18

2.      Semester II ( Januari s/d Juni )
Jumlah Minggu                             :  25
Jumlah Minggu tidak efektif        :    7
Jumlah Minggu efektif                  :  18


b.            Kegiatan Minggu tidak efektif
1.      Juli                         :  0  Minggu
2.      Agustus                 :  2  Minggu libur Idul Fitri
3.      September             :  1 Minggu libur Idul Fitri
4.      Oktober                 :  1 Minggu untuk  UTS Semester ganjil
5.        November             :  0 Minggu
6.      Desember              :  2 Minggu pelaksanaan Ulangan Umum Semester 01            
7.      Januari                   :  1 Minggu libur Semester I
8.      Februari                 :  0 Minggu
9.      Maret                     :  2  UTS Semester genap
10.  April                      :  0  Minggu
11.  Mei                        :  2 Minggu pelaksanaan Ulangan Umum Semester 02 
12.  Juni                        :  2 Minggu libur semester 02 .




G.     Daftar Tenaga Edukatif
Tenaga edukatif di SD Negeri Bojongkoneng 06 berjumlah  8 orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 2  orang guru tetap dan 5 orang guru tidak tetap/guru honorer.
Adapun data-data tenaga edukatif di SD Negeri Bojongkoneng  06 adalah sebagai berikut :

No
Nama Guru dan Tempat Tanggal Lahir
NIP
NUPTK
Ijazah dan Th. Lulus
Jabatan Mengajar Kls
Massa Kerja
1
R. Sutisna, MM.Pd
Bogor, 16 – 01 – 1966
196601161990031004
S2
Th 2010
Guru Mapel Matematika Kls V-VI
21 Tahun
10 Bulan
2
H.M Toto Sukarto, S.Pd.
Bogor, 03 – 08 – 1964
196408031986031018
SI
Th.2010
Guru
Kls. Vb
27 Tahun
09 Bulan
3
Enggan, S.Pd.
Bogor, 18 – 08 – 1965
196508181986101002
SI
Th.2010
Guru
Kls. II
26 Tahun
09 Bulan
4
Nurhasanah.
Cianjur, 02 – 02 – 1977
2433756657300123
MAN
Th.1996
Guru
Kls. IV
14 Tahun
02 Bulan
5
Ayi  Nuraminah
Cianjur, 05 – 09– 1979
2433756657300123
SMA
Th.1998
Guru III
13 Tahun
05 Bulan
6
Eka Safitri,S.Pd
Bogor,  20 – 08 – 1988
3152766668300002
S1
Th.2010
Guru
Kls. VI
04 Tahun
06 Bulan
7
Karlina
Bogor, 16 – 03 – 1986
5848764666200002
SMA
 
Guru
Kls. I
04 Tahun
06 Bulan
8
Abdul Gofur
Bogor, 12-07-1985

-
SMK

Guru
Kls. Va
02 Tahun
05 Bulan







BAB III
PENUTUP

         Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SD Negeri Bojongkoneng 06 dimaksudkan sebagai pedoman bagi guru dan juga sekolah dalam melaksanakan programnya selama satu tahun pelajaran.
         Agar program kurikulum ini terlaksana dengan baik maka diperlukan kerjasama yang baik antara seluruh warga sekolah, baik kepala sekolah, guru, komite, maupun orang tua wali murid SD Negeri Bojongkoneng  06. adapun sumber biaya yang dikeluarkan untuk penyusunan kurikulum ini menggunakan angaran belanja sekolah yang ada serta swadaya masyarakat sekitar yang peduli akan pendidikan.
         Pelaksanaan program pendidikan di SD Negeri Bojongkoneng  06 tidak akan berjalan baik tanpa ada dukungan dan peran serta komite dan masyarakat dalam melaksanakan pendidikan, untuk itu ucapan terimakasih pada komite sekolah juga masyarakat yang turut membantu pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SD Negeri Bojongkoneng  06 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar