BAB
I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan
pembelajaran serta cara yang akan digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang meliputi tujuan
pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan , kondisi dan potensi
daerah satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh karena itu program pendidikan
dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Bentuk
pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu
pada Standar Nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan Pendidikan
Nasional yang dijabarkan dalam standar isi, standar kelulusan dan standar
proses sebagai pedoman bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
2.
Dasar Hukum
Dasar
hukum dalam pembuatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) berdasarkan
pada peraturan perundang – undangan yang berlaku antara lain sebagai berikut:
a.
Undang –
Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
b.
Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah
c.
Peraturan
Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
d.
Peraturan
Mentri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.
e.
Peraturan
Mentri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi
Kelulusan.
f.
Peraturan
Mentri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Standar Isi
Dan Standar Kelulusan.
g.
Surat Edaran
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat No ......... Thn .................
tentang
............................................................................................................................
h.
Surat Edaran
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor No ......... Thn .................
tentang ............................................................................................................................
BAB II
KURIKULUM SDN
BOJONGKONENG 06
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
I. VISI,
MISI, TUJUAN DAN SASARAN
A.
Visi
“ Meningkatkan Akhlakulkarimah , Ilmu, Kesehatan,
dan Mandiri ”
B.
Misi
- Membekali siswa dengan akhlakulkarimah melalui pendidikan Agama dan pesantren kilat pada bulan Ramadhan .
- Memberikan jam tambahan pelajaran bagi siswa yang mampu bersaing melalui tes.
- Mengadakan kegiatan operasi bersih setiap seminggu sekali secara rutin untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan sekolah.
- Memberikan keterampilan hidup sederhana, disiplin, mandiri, melalui kegiatan pramuka dan beladiri pencak silat agar siswa dapat bersaing dengan masyarakat.
C.
Tujuan
- Meningkatkan perilaku dan akhlak mulia bagi siswa
- Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat siswa
- Mengembangkan kepribadian peserta didik
- Mempersiapkan siswa sebagai bagian dari anggota masyarakat .
- Mempersiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
D.
Sasaran
- Siswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bakat dan minatnya.
- Siswa memahami dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945.
- Siswa memiliki kepercayaan diri.
- Siswa dapat lulus dengan prestasi nilai di atas standar kelulusan yang ditentukan.
2. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A.
Struktur Kurikulum
Struktur Kurikulum SD
Negeri Bojongkoneng 06 memuat mata pelajaran wajib, muatan lokal dan
pengembangan diri dengan rincian sebagai berikut :
KOMPONEN
|
Kelas
|
|||||
A. Mata Pelajaran :
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
1.
Pendidikan Agama Islam
|
TEMATIK
|
TEMATIK
|
TEMATIK
|
3
|
3
|
3
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
|||
3.
Bahasa Indonesia
|
5
|
5
|
5
|
|||
4.
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
|||
5.
Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
|||
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
3
|
3
|
3
|
|||
7.
Seni Budaya
|
4
|
4
|
4
|
|||
8.
Penjas Kes
|
4
|
4
|
4
|
|||
B. Muatan Lokal
|
||||||
Wajib : Bahasa Sunda
|
2
|
2
|
2
|
|||
Pilihan : Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
|||
C. Pengembangan Diri
|
2 *)
|
2 *)
|
2 *)
|
2 *)
|
2 *)
|
2 *)
|
Jumlah Jam Per Minggu
|
28
|
29
|
30
|
34
|
34
|
34
|
B.
Muatan Kurikulum
Muatan
kurikulum meliputi sejumlah mata pelajaran, materi muatan lokal dan kegiatan
pengembangan diri, yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar
peserta didik dan termasuk ke dalam isi
kurikulum yang dijabarkan.
1. Mata Pelajaran Wajib
–
Agama Islam
–
Pendidikan
Kewarganegaraan
–
Bahasa
Indonesia
–
Matematika
–
IPA
–
IPS
–
Penjas
–
Seni Budaya
2. Muatan Lokal
:
a.
Wajib : Bahasa Sunda
b.
Pilihan : Bahasa Inggris
3. Kegiatan Pengembangan Diri
Kegiatan pengembangan
diri dua bidang kegiatan yaitu pengembangan karakter dan pengembangan bakat,
minat serta potensi siswa.
1.
Pembentukan karakter melalui pembiasaan dan
melalaui kegiatan
a.
Rutin
1) Upacara bendera setiap hari senin
2) Berdoa sebelum dan sesudah belajar
3) Menyimak bacaan surat pendek dalam al-quran
sebelum di mulai belajar
4) Pemeriksaan badan dan pakaian seminggu dua kali
5) Pemeriksaan kesehatan tiga bulan sekali
6) Menjaga keindahan taman dan lingkungan berdasarkan
tugas piket umum
7) Membersihkan kelas dan halaman sebelum dan sesudah
belajar
b.
Terprogram
1) Kegiatan keagamaan ( Pesantren Kilat )
2) Pekan kreatifitas bidang akademik dan non akademik
3) Peringatan hari besar nasional
4) Perayaan kenaikan kelas, karya wisata dan study
tour.
c.
Spontan
1) Mengucapkan salam
2) Membuang sampah pada tempatnya
3) Membiasakan antri
4) Membantu teman yang terkena musibah
d.
Teladan
1) Berpakaian bersih dan rapi
2) Tepat waktu dalam segala hal
3) Penampilan sederhana
2.
Pengembangan Potensi dan Ekspresi Diri
a. Sesuai minat dan bakat
1)
Kepemimpinan dan Bela Negara
Bidang Pengembangan
|
Tenaga Memberikan Layanan
|
Jumlah Siswa
|
Pramuka
|
2 pembina penggalang 2 pembina siaga
|
130
105
|
2)
Olahraga
Bidang Pengembangan
|
Tenaga Memberikan Layanan
|
Jumlah Siswa
|
Sepak
Bola
Penca Silat
|
1 orang
1 orang
|
25
20
|
C.
Pengaturan Beban Belajar
Sekolah Dasar Negeri Bojongkoneng 06 tahun
pelajaran 2011-2012 menggunakan sistem paket yang dialokasikan dalam struktur
kurikulum seperti yang tertera dalam tabel di bawah ini :
KELAS
|
JAM PEMBELAJARAN
|
MINGGU EFEKTIF PER TAHUN
|
WAKTU PEMBELAJARAN PER TAHUN
|
I
|
980
Menit/Minggu
|
36 Minggu
|
35.280
menit
|
II
|
1015
Menit/Minggu
|
36 Minggu
|
36.540
menit
|
III
|
1040
Menit/Minggu
|
36 Minggu
|
37.440
menit
|
IV
|
35 Menit/Jam Pel.
|
36 Minggu
|
1.224 jam pembelajaran
( 42.840 menit )
|
V
|
35 Menit/Jam Pel.
|
36
Minggu
|
1.224 jam pembelajaran
( 42.840 menit )
|
VI
|
35 Menit/Jam Pel.
|
36
Minggu
|
1.224 jam pembelajaran
( 42.840 menit )
|
Adapun beban belajar
penugasan kepada siswa dan kegiatan tugas mandiri tidak terstruktur maksimum
40% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari pelajaran yang bersangkutan.
Pengalokasian
waktu untuk praktik, 2 (dua) jam praktik di sekolah setara dengan 1 (satu) jam
tatap muka. 4 (empat) jam praktik di luar jam pelajaran di sekolah setara
dengan satu jam tatap muka. Alokasi untuk pengembangan ekspresi dan potensi
dapat disesuaikan dengan jenis pengembangan yang dipilih.
D.
Kriteria Ketuntasan Minimal
Ketuntasan belajar setiap mata pelajaran
disesuaikan dengan kompleksitas, esensial, imtaq, siswa, sarana dan prasarana.
Adapun KKM setiap mata pelajaran adalah sebagai
berikut :
KOMPONEN
|
Kelas
|
|||||
A. Mata Pelajaran :
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
1.
Pendidikan Agama Islam
|
60
|
64
|
60
|
67
|
61
|
64
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
61
|
59
|
63
|
62
|
70
|
67
|
3.
Bahasa Indonesia
|
56
|
51
|
54
|
61
|
61
|
66
|
4.
Matematika
|
55
|
51
|
52
|
50
|
54
|
52
|
5.
Ilmu Pengetahuan Alam
|
66
|
65
|
60
|
59
|
66
|
61
|
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
67
|
61
|
54
|
65
|
60
|
60
|
7.
Seni Budaya
|
62
|
67
|
53
|
65
|
64
|
65
|
8.
Penjas Kes
|
67
|
53
|
66
|
64
|
64
|
65
|
B. Muatan Lokal
|
||||||
Wajib : Bahasa Sunda
|
59
|
59
|
55
|
65
|
65
|
66
|
Pilihan : Bahasa Inggris
|
59
|
61
|
57
|
E.
Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a.
Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran dengan
ketentuan
sebagai berikut :
1. Siswa sudah menyelesaikan seluruh program
pembelajaran dengan Kriteria Ketuntasan Minimal pada semua indikator, Hasil
Belajar (HB), Kompetensi Dasar (KD) dan Standar Kompetensi (SK) pada semua mata
pelajaran.
2. Kehadiran siswa minimal 75%
3. Prilaku / sikap dengan kriteria baik
b. Kelulusan
Kelulusan
dilaksanakan setelah siswa menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari
kelas I – VI.
Adapun ketentuannya
adalah sebagai berikut :
1. Siswa sudah menyelesaikan seluruh program
pembelajaran dengan Kriteria Ketuntasan Minimal pada semua indikator, Hasil
Belajar (HB), Kompetensi Dasar (KD) dan Standar Kompetensi (SK) pada semua mata
pelajaran.
2. Kehadiran siswa minimal 75%
3. Lulus ujian sekolah
4. Lulus ujian nasional
STANDAR
KELULUSAN
SDN
BOJONGKONENG 06
TAHUN
PELAJARAN 2011 – 2012
No
|
Mata Pelajaran
|
Standar Kelulusan ( SKL )
|
Keterangan
|
|
Teori
|
Praktek
|
|||
1.
|
Pendidikan Agama
|
72
|
75
|
|
2.
|
PKn
|
70
|
-
|
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
55
|
70
|
|
4.
|
Matematika
|
42
|
-
|
|
5.
|
IPA
|
52
|
70
|
|
6.
|
IPS
|
60
|
-
|
|
7.
|
SBK
|
-
|
70
|
|
8.
|
PJOK
|
-
|
70
|
|
9.
|
Bahasa Sunda
|
67
|
75
|
|
10.
|
Bahasa Inggris
|
50
|
65
|
Bojongkoneng, Januari 2012
Kepala Sekolah
R. SUTISNA, MM.Pd
NIP. 196601161990031004
F.
Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan SDN Bojongkoneng 06 di susun
dengan berpedoman kepada kalender nasional yang di sesuaikan dengan program
sekolah, Adapun rincianya adalah sebagai berikut :
1. Rincian Kalender Pendidikan
Semester
|
Bulan
|
Jumlah
Minggu
|
Jumlah
Hari Efektif
|
Minggu
Tidak Efektif
|
Minggu
Efektif
|
I
|
Juli
|
2
|
12
|
0
|
2
|
Agustus
|
4
|
11
|
2
|
2
|
|
September
|
5
|
21
|
1
|
4
|
|
Oktober
|
4
|
20
|
1
|
3
|
|
November
|
4
|
26
|
0
|
4
|
|
Desember
|
5
|
21
|
2
|
3
|
|
Jumlah
|
24
|
111
|
6
|
18
|
|
II
|
Januari
|
4
|
19
|
1
|
3
|
Februari
|
4
|
24
|
0
|
4
|
|
Maret
|
5
|
21
|
2
|
3
|
|
April
|
4
|
24
|
0
|
4
|
|
Mei
|
5
|
26
|
2
|
3
|
|
Juni
|
3
|
19
|
2
|
1
|
|
Jumlah
|
25
|
133
|
7
|
18
|
|
Jumlah dalam satu tahun
|
49
|
244
|
13
|
36
|
2. Rekapitulasi
Kalender
a.
Rekapitulasi
Minggu Efektif
1. Semester I ( Juli s/d Desember )
Jumlah Minggu : 24
Jumlah Minggu tidak efektif :
6
Jumlah Minggu efektif : 18
2. Semester II ( Januari s/d Juni )
Jumlah Minggu : 25
Jumlah Minggu tidak
efektif : 7
Jumlah Minggu efektif
: 18
b.
Kegiatan
Minggu tidak efektif
1. Juli : 0 Minggu
2. Agustus : 2
Minggu libur Idul Fitri
3. September :
1 Minggu libur Idul Fitri
4. Oktober :
1 Minggu untuk UTS Semester ganjil
5.
November : 0 Minggu
6. Desember :
2 Minggu pelaksanaan Ulangan Umum
Semester 01
7. Januari :
1 Minggu libur Semester I
8. Februari : 0 Minggu
9. Maret : 2 UTS
Semester genap
10. April : 0
Minggu
11. Mei :
2 Minggu pelaksanaan Ulangan Umum
Semester 02
12. Juni :
2 Minggu libur semester 02 .
G.
Daftar
Tenaga Edukatif
Tenaga edukatif di SD Negeri Bojongkoneng 06
berjumlah 8 orang yang terdiri dari 1
orang kepala sekolah, 2 orang guru tetap
dan 5 orang guru tidak tetap/guru honorer.
Adapun data-data tenaga edukatif di SD Negeri
Bojongkoneng 06 adalah sebagai berikut :
No
|
Nama
Guru dan Tempat Tanggal Lahir
|
NIP
NUPTK
|
Ijazah
dan Th. Lulus
|
Jabatan
Mengajar Kls
|
Massa
Kerja
|
1
|
R. Sutisna, MM.Pd
Bogor, 16 – 01 – 1966
|
196601161990031004
|
S2
Th 2010
|
Guru Mapel Matematika Kls V-VI
|
21 Tahun
10 Bulan
|
2
|
H.M Toto Sukarto, S.Pd.
Bogor, 03 – 08 – 1964
|
196408031986031018
|
SI
Th.2010
|
Guru
Kls. Vb
|
27 Tahun
09 Bulan
|
3
|
Enggan, S.Pd.
Bogor, 18 – 08 – 1965
|
196508181986101002
|
SI
Th.2010
|
Guru
Kls. II
|
26 Tahun
09 Bulan
|
4
|
Nurhasanah.
Cianjur, 02 – 02 – 1977
|
2433756657300123
|
MAN
Th.1996
|
Guru
Kls. IV
|
14 Tahun
02 Bulan
|
5
|
Ayi Nuraminah
Cianjur, 05 – 09– 1979
|
2433756657300123
|
SMA
Th.1998
|
Guru III
|
13 Tahun
05 Bulan
|
6
|
Eka Safitri,S.Pd
Bogor, 20 – 08 – 1988
|
3152766668300002
|
S1
Th.2010
|
Guru
Kls. VI
|
04 Tahun
06 Bulan
|
7
|
Karlina
Bogor, 16 – 03 – 1986
|
5848764666200002
|
SMA
|
Guru
Kls. I
|
04 Tahun
06 Bulan
|
8
|
Abdul Gofur
Bogor, 12-07-1985
|
-
|
SMK
|
Guru
Kls. Va
|
02 Tahun
05 Bulan
|
BAB III
PENUTUP
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan di SD Negeri Bojongkoneng 06 dimaksudkan sebagai
pedoman bagi guru dan juga sekolah dalam melaksanakan programnya selama satu
tahun pelajaran.
Agar
program kurikulum ini terlaksana dengan baik maka diperlukan kerjasama yang
baik antara seluruh warga sekolah, baik kepala sekolah, guru, komite, maupun
orang tua wali murid SD Negeri Bojongkoneng
06. adapun sumber biaya yang dikeluarkan untuk penyusunan kurikulum ini
menggunakan angaran belanja sekolah yang ada serta swadaya masyarakat sekitar
yang peduli akan pendidikan.
Pelaksanaan
program pendidikan di SD Negeri Bojongkoneng
06 tidak akan berjalan baik tanpa ada dukungan dan peran serta komite
dan masyarakat dalam melaksanakan pendidikan, untuk itu ucapan terimakasih pada
komite sekolah juga masyarakat yang turut membantu pelaksanaan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan di SD Negeri Bojongkoneng 06 ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar